BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha ini disusun untuk melakukan suatu
kegiatan, dan kegiatan itu perlu mendapat persetujuan dari pihak tertentu.Untuk
itu penulis memilih usaha dibidang makanan ringan yaitu usaha penjualan keripik
pisang.
Didalam penulisan proposal usaha ini penulis
memilih usaha tersebut diatas karena :
1. Usaha ini mudah dilakukan baik dalam proses
pembuatan dan pemasaran.
2. Usaha ini mudah berkembang karena didaerah
pemasaran produk kami belum ada yang berwirausaha keripik pisang.
B. Ruang Lingkup Isi Proposal Usaha
Dalam
hal ini,akan dijelaskan secara singkat apa yang dimuat dalam proposal usaha
ini,yaitu tentang manajemen atau organisasi usaha,keuangan,produksi dan
pemasaran.
1. Manajemen
/ Organisasi Usaha
Dapat diartikan sebagai hubungan kerjasama
orang-orang yang terapat dalam suatu kegiatan atau badan usaha dalam rangka
mencapai tujuan tertentu.Manajemen / Organisasi Usaha berisi tentang
nama,bentuk badan usaha,tempat kedudukan usaha,jumlah tenaga kerja dan struktur
organisasi dalam usaha tersebut.
2. Keuangan
Adalah suatu bagian yang mengenai
permasalahan tentang pendanaan dalam suatu kegiatan atau badan usaha.Masalah
keuangan ini yang mencakup tentang sumber modal (dalam/luar) ,proyeksi keuangan
(modal investasi dan modal kerja) , menentukan modal kerja dan menghitung biaya
ruginya.
3. Produksi
Adalah kegiatan yang dapat
menimbulkan tambahan manfaat baru. Dalam masalah ini akan menjelaskan tentang
jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong serta proses produksi.
4. Pemasaran
Diartikan
sebagai keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa.
Masalah
pemasaran ini mencakup tentang distribusi produk saingan, produk sejenis, dan
daerah pemasaran.
C.
Alasan
Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha merupakan sebuah
dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsure,menegenai
usaha atau proyek baru yang relevan baik internal maupun eksternal.
Maka perlu dibuat suatu proposal
usaha yang merupakan identitas dari sebuah usaha yang didirikan, sehingga orang
luar akan tertarik untuk menjalin
kerjasama.Dalam pembuatan proposal usaha ini terdapat aspek-aspek dan alas an
penting,yaitu alas an edukasi dan bisnis.
1. Alasan
Edukasi
-
Untuk menambah kemampuan serta wawasan
dalam berwirausaha
-
Pembuatan proposal ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana seorang siswa mampu berwirausaha.
-
Merupakan tugas kewirausahaan untuk
menunjang salah satu syarat kelulusan SMK.
2. Alasan
Bisnis
-
Merupakan pernyataan wirausahawan
sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.
-
Berguna untuk melakukan marger dengan
perusahaan lain.
-
Mengundang orang-orang tertentu yang
mempunyai potensi untuk bergabung dan bekerjasama.
-
Meminjam adanya focus tujuan dan berbagi
personil yang ada dalam perusahaan.
-
Melakukan pengaturan bentuk kerjasama
dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.
BAB
II
DESKRIPSI
USAHA
A.Manajemen /
Organisasi Usaha
a. Nama Usaha
Biasanya pada pemilihan
nama usaha dibuat semenarik mungkin agar para konsumen berminat untuk membeli
atau memesan produk yang dipasarkan.Untuk itu nama usaha yang saya gunakan
yaitu “KERIPIK PISANG ANEKA RASA”.
b. Bentuk Badan Usaha
Pemilihan bentuk badan
usaha oleh seorang wirausahawan akan dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut :
- Besarnya modal yang diperlukan
- Kelangsungan hidup
(kontinuitas) badan usaha.
- Tanggung jawab terhadap
hutang piutang badan usaha.
- Siapakah
yang akan memimpin badan usaha?
Bentuk badan usaha ini adalah perseorangan atau
CV
c. Tempat Kedudukan Usaha
Yang
dimaksud disini ialah tempat atau letak perusahaan melakukan aktifitas produksi.
Usaha ini termasuk kedudukan perusahaan yang ekonomis. Berarti tempat
perusahaan yang pemilihannya dengan perhitungan bahwa tempat yang dipilih
adalah tempat yang strategis dan menguntungkan.

Denah
lokasi usaha
d. Struktur Organisasi
Struktur
organisasi dapat diartikan sebagai suatu gambaran sistematis tentang hubungan
kerjasama orang-orang yang terdapat pada satu badan dalam rangka mencapai suatu
tujuan.
Dengan
struktur organisasi kita dapat mengetahui system manajemen dari organisasi
tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui kemampuan masing-masing pihak akan
menjadi lebih mudah untuk melakukan koordinasi.
Dalam
usaha ini, dijalankan oleh salah satu siswa SMK N 2 Surakrta,bagan struktur
organisasi bagi kami tidak terlalu penting karena usaha ini hanya dikelola oleh
satu orang saja yang berlaku baik sebagai pimpinan sekaligus karyawan yang
melayani konsumen secara langsung.
B. Keuangan
a. Sumber Modal
Pada
tahap permulaan,modal yang digunakan seefektif dan efisien mungkin.
1. Biaya
produksi selama 1 periode (1 minggu)
No.
|
Nama
Barang
|
Banyaknya
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Keripik
Pisang
|
2
Kg
|
Rp.23.000,-
|
Rp.46000,-
|
2
|
Bumbu
rasa BBQ
|
4
bungkus
|
Rp.3000,-
|
Rp.12000,-
|
3
|
Bumbu
rasa keju
|
4
bungkus
|
Rp.3000,-
|
Rp.12000,-
|
4
|
Kertas
pembungkus makanan
|
3
set
|
Rp.1500,-
|
Rp.4500,-
|
5
|
Label
|
Secukupnya
|
-
|
Rp.3000,-
|
6
|
Minyak
Goreng
|
1
kg
|
Rp.14000,-
|
Rp.14000,-
|
Total
|
Rp.91500,-
|
2. Modal
Modal yang digunakan dalam hal ini adalah modal
personal sebesar Rp.91500,-
b. Proyeksi Keuangan (Proyeksi cash flow
selama 1 bulan)
|
Minggu
1
|
Minggu
2
|
Minggu
3
|
Minggu
4
|
Saldo
awal
|
Rp.
91500,-
|
Rp.
375000,-
|
Rp.
636500,-
|
Rp.
920500,-
|
Penjualan
|
Rp.
375500,-
|
Rp.
365000,-
|
Rp.
387500,-
|
Rp.
490000,-
|
Pembelian
|
Rp.
92000,-
|
Rp.
103500,-
|
Rp.
103500,-
|
Rp.
149500,-
|
Laba
|
Rp.
265500,-
|
Rp.
261500,-
|
Rp.
284000,-
|
Rp.
340500,-
|
Saldo
Kas
|
Rp.
375000,-
|
Rp.
636500,-
|
Rp.
920500,-
|
Rp.
1243000,-
|
c. Menentukan Harga Jual
Dalam
penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi konsumen.Didalam
usaha ini untuk penjualan awal harga produk adalah Rp.3000,-/bungkus.
d. Menghitung Laba / Rugi
Uraian
|
1
Bulan
|
Harga
pokok barang
|
Rp.
448500,-
|
Penjualan
|
Rp.
1600000,-
|
Laba
|
Rp.
1151500,-
|
C. Produksi
a. Jenis Usaha
Jenis produksi yang akan
saya jalankan adalah produksi sekunder berarti produksi yang mengacu pada
pemanfaatan bahan baku diproses menjadi lahan atau barang jadi yang
langsung bisa digunakan. Dalam usaha ini yang menjadi hasil utamanya adalah keripik.
b. Badan Baku dan Bahan Penolong
Adapun
bahan-bahan pembuatan keripik pisang sebagai berikut :
-
1 tandan pisang setengah matang
-
5 liter air
-
3 sendok makan kapur sirih
-
500 ml minyak goring
-
50 gram garam dapur
-
½ ons bawang putih
-
7 butir kemiri
-
3 sendok makan ketumbar
-
Penyedap rasa secukupnya
-
Bumbu keju,BBQ
c. Proses Produksi
Adapun
proses pembuatan produk keripik pisang ini akan kami uraikan sebagai berikut:
1. Cara
Pembuatan
- Campurkan
kapur sirih kedalam 5 liter air,aduk hingga larut
-
Rendam pisang yang sudah diiris tipis
tadi kedalam air kapur sirih selama 1 jam
-
Angkat tirisan tadi,cuci dengan air
bersih lalu tiriskan
-
Masukkan irisan pisang yang sudah dicuci
kedalam wadah,kemudian masukkan bumbu dan penyedap lalu aduk hingga rata
-
Panaskan minyak goreng,lalu goreng dan
segera angkat ketika keripik pisang berwarna kecoklatan
-
Tambahkan bumbu keju,BBQ kedalam keripik
pisang yang telah matang.
-
Keripik pisang siap dihidangkan.
-
7 butir kemiri
D. Pemasaran
a. Distribusi
Produk
Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan barang
kepada konsumen
yang membutuhkan.Distributor dibagi menjadi dua
macam,yaitu:
o
Distributor langsung
o
Distributor tak langsung
Mengenai
hal ini usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada
konsumen/masyarakat.Dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal masyarakat
luas.
b. Saingan Produk Sejenis
Saat ini memang banyak penjual atau
pengusaha keripik pisang,tetapi
didaerah yang saya pilih belum ada penjual keripik
seperti yang saya buat.Oleh karena itu saya memberanikan diri untuk mengenalkan
produk saya kepada masyarakat lewat usaha ini.
c. Daerah Pemasaran
Sasaran
daerah pemasaran produk ini adalah daerah Boyolali.
d. Cara Memasarkan
Agar
produk laku keras dipasaran, maka dilakukan pemasaran produk. Namun bila tidak mengerti cara memasarkannya berarti bisa
menghambat produk sampai pada konsumen.Dengan begitu,masyarakat tidak akan
mengetahui apa yang telah diproduksi.
Cara
pemasaran keripik pisang ini antara lain :
a. Memberi potongan harga untuk awal produksi
b. Mengadakan promosi mengenai
produk yang dilakukan lewat mulut ke mulut,meskipun sebenarnya produk bisa juga
ditawarkan melalui social media,door to door, atau dari teman ke teman.
e. Rencana
Penjualan
|
Jenis
|
Pembelian
|
Harga Beli
|
Penjualan
|
Harga Jual
|
Jumlah
|
Laba
|
Minggu
1
|
Keripik
pisang original
|
2
Kg
|
Rp.
46000,-
|
55
Bks
|
Rp.
3000,-
|
Rp.
16500,-
|
Rp. 119000,-
|
|
Keripik
pisang aneka rasa
|
2
Kg
|
Rp.
46000,-
|
55
Bks
|
Rp.
3500,-
|
Rp.
192.500,-
|
Rp. 146500,-
|
Minggu
2
|
Keripik
pisang original
|
1,5
Kg
|
Rp.
34500,- Rp. 69000,-
|
40
Bks
|
Rp.
3000,-
|
Rp.
120000,-
|
Rp. 85500,-
|
|
Keripik
pisang aneka rasa
|
3
Kg
|
Rp.
57500,-
|
70
Bks
|
Rp.
3500,-
|
Rp.
245000,-
|
Rp. 176000,-
|
Minggu
3
|
Keripik
pisang original
|
2,5
Kg
|
Rp.
46000,-
|
65
Bks
|
Rp.
3000,-
|
Rp.
195000,-
|
Rp. 137500,-
|
|
Keripik
pisang aneka rasa
|
2
Kg
|
Rp.
69000,-
|
55
Bks
|
Rp.
3500,-
|
Rp.
192500,-
|
Rp. 146500,-
|
Minggu
4
|
Keripik
pisang original
|
3
Kg
|
Rp.
80500,-
|
70
Bks
|
Rp.
3000,-
|
Rp.
210000,-
|
Rp. 141000,-
|
|
Keripik
pisang aneka rasa
|
3,5
Kg
|
Rp.
207000,-
|
80
Bks
|
Rp.
3500,-
|
Rp.
280000,-
|
Rp. 199500,-
|
Jumlah
|
Keripik
pisang original
|
9
Kg
|
Rp.
241500,-
|
230
Bks
|
-
|
-
|
Rp. 483000,-
|
|
Keripik
pisang aneka rasa
|
10,5
Kg
|
|
260
Bks
|
-
|
-
|
Rp. 668500,-
|
Total
|
|
Rp.
448500,-
|
Rp.
1600000
|
Rp. 1151500,-
|
BAB
III
PENUTUP
Dari fakta yang ada saat ini,berdasarkan
usaha yang kami jalankan ini penulis menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang
usaha yang dapat kita manfaatkan. Usaha penulis membuat proposal usaha ini
adalah salah satu usaha penulis untuk bergerak dalam bidang makanan
ringan.Beserta pemasaran usaha ini didirikan oleh sekelompok orang yang belajar
berwirausaha yang bertempat didaerah yang strategis.
Dengan semua hasil tersebut, penulis
akan memperoleh keberhasilan dan pengalaman dalam menjalankan usaha.Serta tidak
lupa penulis berterimakasih dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan
dalam pembuatan proposal usaha ini.Semoga bermanfaat untuk kedepannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar