Minggu, 07 September 2014

PROPOSAL USAHA KERIPIK PISANG ANEKA RASA



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha ini disusun untuk melakukan suatu kegiatan, dan kegiatan itu perlu mendapat persetujuan dari pihak tertentu.Untuk itu penulis memilih usaha dibidang makanan ringan yaitu usaha penjualan keripik pisang.
Didalam penulisan proposal usaha ini penulis memilih usaha tersebut diatas karena :

1.      Usaha ini mudah dilakukan baik dalam proses pembuatan dan pemasaran.
2.      Usaha ini mudah berkembang karena didaerah pemasaran produk kami belum ada yang berwirausaha keripik pisang.


B.     Ruang Lingkup Isi Proposal Usaha

Dalam hal ini,akan dijelaskan secara singkat apa yang dimuat dalam proposal usaha ini,yaitu tentang manajemen atau organisasi usaha,keuangan,produksi dan pemasaran.
1.      Manajemen / Organisasi Usaha
      Dapat diartikan sebagai hubungan kerjasama orang-orang yang terapat dalam suatu kegiatan atau badan usaha dalam rangka mencapai tujuan tertentu.Manajemen / Organisasi Usaha berisi tentang nama,bentuk badan usaha,tempat kedudukan usaha,jumlah tenaga kerja dan struktur organisasi dalam usaha tersebut.
2.      Keuangan
Adalah suatu bagian yang mengenai permasalahan tentang pendanaan dalam suatu kegiatan atau badan usaha.Masalah keuangan ini yang mencakup tentang sumber modal (dalam/luar) ,proyeksi keuangan (modal investasi dan modal kerja) , menentukan modal kerja dan menghitung biaya ruginya.
3.      Produksi
Adalah kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat baru. Dalam masalah ini akan menjelaskan tentang jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong serta proses produksi.
4.      Pemasaran
Diartikan sebagai keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa.
Masalah pemasaran ini mencakup tentang distribusi produk saingan, produk sejenis, dan daerah pemasaran.

C.    Alasan Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha merupakan sebuah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsure,menegenai usaha atau proyek baru yang relevan baik internal maupun eksternal.
Maka perlu dibuat suatu proposal usaha yang merupakan identitas dari sebuah usaha yang didirikan, sehingga orang luar akan tertarik  untuk menjalin kerjasama.Dalam pembuatan proposal usaha ini terdapat aspek-aspek dan alas an penting,yaitu alas an edukasi dan bisnis.
1.      Alasan Edukasi
-          Untuk menambah kemampuan serta wawasan dalam berwirausaha
-          Pembuatan proposal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana seorang siswa mampu berwirausaha.
-          Merupakan tugas kewirausahaan untuk menunjang salah satu syarat kelulusan SMK.
2.      Alasan Bisnis
-          Merupakan pernyataan wirausahawan sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.
-          Berguna untuk melakukan marger dengan perusahaan lain.
-          Mengundang orang-orang tertentu yang mempunyai potensi untuk bergabung dan bekerjasama.
-          Meminjam adanya focus tujuan dan berbagi personil yang ada dalam perusahaan.
-          Melakukan pengaturan bentuk kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.

           







BAB II
DESKRIPSI USAHA



A.Manajemen / Organisasi Usaha
a. Nama Usaha
Biasanya pada pemilihan nama usaha dibuat semenarik mungkin agar para konsumen berminat untuk membeli atau memesan produk yang dipasarkan.Untuk itu nama usaha yang saya gunakan yaitu “KERIPIK PISANG ANEKA RASA”.

b. Bentuk Badan Usaha
Pemilihan bentuk badan usaha oleh seorang wirausahawan akan dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut :
- Besarnya modal yang diperlukan
- Kelangsungan hidup (kontinuitas) badan usaha.
- Tanggung jawab terhadap hutang piutang badan usaha.
- Siapakah yang akan memimpin badan usaha?
Bentuk badan usaha ini adalah perseorangan atau CV

c. Tempat Kedudukan Usaha
Yang dimaksud disini ialah tempat atau letak perusahaan melakukan aktifitas produksi. Usaha ini termasuk kedudukan perusahaan yang ekonomis. Berarti tempat perusahaan yang pemilihannya dengan perhitungan bahwa tempat yang dipilih adalah tempat yang strategis dan menguntungkan.
Denah lokasi usaha

d. Struktur Organisasi
Struktur organisasi dapat diartikan sebagai suatu gambaran sistematis tentang hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat pada satu badan dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Dengan struktur organisasi kita dapat mengetahui system manajemen dari organisasi tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui kemampuan masing-masing pihak akan menjadi lebih mudah untuk melakukan koordinasi.
Dalam usaha ini, dijalankan oleh salah satu siswa SMK N 2 Surakrta,bagan struktur organisasi bagi kami tidak terlalu penting karena usaha ini hanya dikelola oleh satu orang saja yang berlaku baik sebagai pimpinan sekaligus karyawan yang melayani konsumen secara langsung.
B. Keuangan
a. Sumber Modal
Pada tahap permulaan,modal yang digunakan seefektif dan efisien mungkin.
1.      Biaya produksi selama 1 periode (1 minggu)
No.
Nama Barang
Banyaknya
Harga Satuan
Jumlah
1
Keripik Pisang
2 Kg
Rp.23.000,-
Rp.46000,-
2
Bumbu rasa BBQ
4 bungkus
Rp.3000,-
Rp.12000,-
3
Bumbu rasa keju
4 bungkus
Rp.3000,-
Rp.12000,-
4
Kertas pembungkus makanan
3 set
Rp.1500,-
Rp.4500,-
5
Label
Secukupnya
-
Rp.3000,-
6
Minyak Goreng
1 kg
Rp.14000,-
Rp.14000,-
Total
Rp.91500,-

2.      Modal
Modal yang digunakan dalam hal ini adalah modal personal sebesar Rp.91500,-
b. Proyeksi Keuangan (Proyeksi cash flow selama 1 bulan)

Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3
Minggu 4
Saldo awal
Rp. 91500,-
Rp. 375000,-
Rp. 636500,-
Rp. 920500,-
Penjualan
Rp. 375500,-
Rp. 365000,-
Rp. 387500,-
Rp. 490000,-
Pembelian
Rp. 92000,-
Rp. 103500,-
Rp. 103500,-
Rp. 149500,-
Laba
Rp. 265500,-
Rp. 261500,-
Rp. 284000,-
Rp. 340500,-
Saldo Kas
Rp. 375000,-
Rp. 636500,-
Rp. 920500,-
Rp. 1243000,-
           







c. Menentukan Harga Jual
Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan   atas tingkat harga yang wajar bagi konsumen.Didalam usaha ini untuk penjualan awal harga produk adalah Rp.3000,-/bungkus.

d. Menghitung Laba / Rugi
Uraian
1 Bulan
Harga pokok barang
Rp. 448500,-
Penjualan
Rp. 1600000,-
Laba
Rp. 1151500,-

C. Produksi
a. Jenis Usaha
Jenis produksi yang akan saya jalankan adalah produksi sekunder berarti produksi yang mengacu pada pemanfaatan bahan baku diproses menjadi lahan atau barang jadi yang langsung bisa digunakan. Dalam usaha ini yang menjadi hasil utamanya adalah keripik.
b. Badan Baku dan Bahan Penolong
Adapun bahan-bahan pembuatan keripik pisang sebagai berikut :
-          1 tandan pisang setengah matang
-          5 liter air
-          3 sendok makan kapur sirih
-          500 ml minyak goring
-          50 gram garam dapur
-          ½ ons bawang putih
-          7 butir kemiri
-          3 sendok makan ketumbar
-          Penyedap rasa secukupnya
-          Bumbu keju,BBQ

c. Proses Produksi
Adapun proses pembuatan produk keripik pisang ini akan kami uraikan sebagai berikut:
1.      Cara Pembuatan
-     Campurkan kapur sirih kedalam 5 liter air,aduk hingga larut
-          Rendam pisang yang sudah diiris tipis tadi kedalam air kapur sirih selama 1 jam
-          Angkat tirisan tadi,cuci dengan air bersih lalu tiriskan
-          Masukkan irisan pisang yang sudah dicuci kedalam wadah,kemudian masukkan bumbu dan penyedap lalu aduk hingga rata
-          Panaskan minyak goreng,lalu goreng dan segera angkat ketika keripik pisang berwarna kecoklatan
-          Tambahkan bumbu keju,BBQ kedalam keripik pisang yang telah matang.
-          Keripik pisang siap dihidangkan.
-          7 butir kemiri
D.    Pemasaran
a.       Distribusi Produk
Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan barang kepada konsumen
yang membutuhkan.Distributor dibagi menjadi dua macam,yaitu:
o   Distributor langsung
o   Distributor tak langsung
Mengenai hal ini usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada konsumen/masyarakat.Dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal masyarakat luas.
b.       Saingan Produk Sejenis
Saat ini memang banyak penjual atau pengusaha keripik pisang,tetapi
didaerah yang saya pilih belum ada penjual keripik seperti yang saya buat.Oleh karena itu saya memberanikan diri untuk mengenalkan produk saya kepada masyarakat lewat usaha ini.
c.        Daerah Pemasaran
Sasaran daerah pemasaran produk ini adalah daerah Boyolali.
d.       Cara Memasarkan

Agar produk laku keras dipasaran, maka dilakukan pemasaran produk. Namun bila  tidak mengerti cara memasarkannya berarti bisa menghambat produk sampai pada konsumen.Dengan begitu,masyarakat tidak akan mengetahui apa yang telah diproduksi.
Cara pemasaran keripik pisang ini antara lain :
a. Memberi potongan harga untuk awal produksi
b. Mengadakan promosi mengenai produk yang dilakukan lewat mulut ke mulut,meskipun sebenarnya produk bisa juga ditawarkan melalui social media,door to door, atau dari teman ke teman.


e.       Rencana Penjualan

Jenis
Pembelian
Harga Beli
Penjualan
Harga Jual
Jumlah
Laba
Minggu 1
Keripik pisang original
2 Kg
Rp. 46000,-
55 Bks
Rp. 3000,-
Rp. 16500,-
Rp. 119000,-

Keripik pisang aneka rasa
2 Kg
Rp. 46000,-
55 Bks
Rp. 3500,-
Rp. 192.500,-
Rp. 146500,-
Minggu 2
Keripik pisang original
1,5 Kg
Rp. 34500,- Rp. 69000,-
40 Bks
Rp. 3000,-
Rp. 120000,-
Rp. 85500,-

Keripik pisang aneka rasa
3 Kg
Rp. 57500,-
70 Bks
Rp. 3500,-
Rp. 245000,-
Rp. 176000,-
Minggu 3
Keripik pisang original
2,5 Kg
Rp. 46000,-
65 Bks
Rp. 3000,-
Rp. 195000,-
Rp. 137500,-

Keripik pisang aneka rasa
2 Kg
Rp. 69000,-
55 Bks
Rp. 3500,-
Rp. 192500,-
Rp. 146500,-
Minggu 4
Keripik pisang original
3 Kg
Rp. 80500,-
70 Bks
Rp. 3000,-
Rp. 210000,-
Rp. 141000,-

Keripik pisang aneka rasa
3,5 Kg
Rp. 207000,-
80 Bks
Rp. 3500,-
Rp. 280000,-
Rp. 199500,-
Jumlah
Keripik pisang original
9 Kg
Rp. 241500,-
230 Bks
-
-
Rp. 483000,-

Keripik pisang aneka rasa
10,5 Kg

260 Bks
-
-
Rp. 668500,-
Total

Rp. 448500,-
Rp. 1600000
Rp. 1151500,-









BAB III
PENUTUP



Dari fakta yang ada saat ini,berdasarkan usaha yang kami jalankan ini penulis menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan. Usaha penulis membuat proposal usaha ini adalah salah satu usaha penulis untuk bergerak dalam bidang makanan ringan.Beserta pemasaran usaha ini didirikan oleh sekelompok orang yang belajar berwirausaha yang bertempat didaerah yang strategis.
Dengan semua hasil tersebut, penulis akan memperoleh keberhasilan dan pengalaman dalam menjalankan usaha.Serta tidak lupa penulis berterimakasih dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal usaha ini.Semoga bermanfaat untuk kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar